Skip to main content

Saya bersujud, tak terasa air mata mengalir

"Dia kan punya kebutuhan untuk mengendalikan emosi, memperbaiki perilaku, atau mengisi spiritualnya yang kosong," tambahnya.

lbu Nuryani lalu menghimpun berbagai data dari internet dan buku-buku sampai ia mendapatkan satu alamat di Malaysia.

Segera lbu Nuryani mengirim anaknya ke Yayasan Pengasih di Kuala Lumpur, Malaysia, selama satu tahun.

Informasi yang didapatnya pun disebarluaskan lewat media massa.

Banyak orang tua yang anaknya korban narkoba menghubunginya.

"Saya tekankan kepada mereka agar tida menganggap itu sebagai aib yang harus ditutup-tutupi.

Akhirnya, karena kami sering berkumpul, timbullah ide untuk membentuk yayasan serupa di sini," ungkapnya.

EM 48 terapi komunitas Bangunannya biasa-biasa saja, tetapi halamannya cukup luas.

Saya bersujud, tak terasa air mata mengalir

Di situ saya diperkenalkan dengan para residen (sebutan untuk penghuni rumah rehabi- litasi) dan bergabung dengan lima teman putri yang berlainan usia di dalam satu kamar.

Saya sempat stres Mau diapakan lagi di sini? Saya tak berani banyak bicara dengan mereka.

Kalau bukan sesama pemakai, biasanya pem- bicaraan tidak akan nyambung Di sini, sedikit demi sedikit mental saya dibenahi.

Caranya, saya diberi tanggung jawab untuk melakukan beberapa pekerjaan, seperti menyapu, mengepel, membersihkan ruangan, memasang seprei atau mencuci peralatan makan.

Pekerjaan itu akan dinilai oleh para senior yang juga bekas pecandu.

Jika dalam mengerjakan pekerjaan itu saya membuat kesalahan, mereka akan memberitahukan cara yang benar.

Semula saya berpikir di tempat seperti ini hanya akan bertahan paling lama satu setengah bulan.

Tetapi ketika saya mengatakan akan pulang, seorang teman bernama Sisi yang usianya baru 15 tahun malah menasihati.

"Untuk apa pulang? Nanti Mbak Karin bertemu dengan bandar lagi dan pasti ingin mengisap putaw lagi.

Di sini, Mbak bisa berbagi cerita dengan kami.

Bisa mengeluarkan unek-unek.

Kami pasti akan membantu.

Mbak harus sembuh, lupakan putaw.

Mbak harus sayang sama keluarga," katanya.

Ada semacam optimisme yang ditawarkan oleh Sisi yang membuat saya terus berpikir dan segera menetapkan hati.

"Saya harus sembuh.

Mereka bisa, mengapa saya tidak?" Begitu pula saat sakaw, mereka terus menuntut saya agar tetap sibuk, atau mengajak shalat bersama.

"Sujudlah sambil minta pertolongan kepada Allah agar kamu dijauhi dari rasa sakaw," kata seorang teman yang lain.

Itulah doa yang sering 49 Pengobalan alternali saya ucapkan di sini.

Sebait doa yang sebelumnya tidak pernah saya ucapkan.

Saya bersujud, tak terasa air mata mengalir

Saya bersujud, tak terasa air mata mengalir.

Diberdayakan oleh Teman Senasib Setelah komunikasi dengan residen yang lain terjalin, saya jadi bersemangat.

Bukan hanya mengerjakan pekerjaan harian, tetapi juga bersemangat untuk berkumpul, bertukar pikiran, dan berbagi pengalaman.

Setiap pagi, pukul 08.00 sampai dengan 09.00 kami (kira-kira 20 orang) dikumpulkan di ruangan yang agak besar.

Pada sesi ini, kami boleh berbicara dari hati ke hati sesama teman.

Yang paling seru saat mengikuti pertemuan kelompok (encounter group).

Residen dibagi dalam kelompok yang terdiri dari beberapa orang yang secara bergantian diberi kesempatan mengeluarkan unek-uneknya.

Misalnya, saya kurang suka terhadap seorang teman, saya boleh marah sambil ber- teriak-teriak, asal tidak mengeluarkan kata-kata yang tidak senonoh atau yang berbau SARA.

Comments

Popular posts from this blog

Sewa Hiace di Bandung : Wisata safari mewah di Nomad Tanzania

Wisata safari mewah di Nomad Tanzania Nomad Tanzania terkenal dengan repertoar kamp safari mewahnya. Dihiasi seluruh Tanzania, dari Serengeti hingga Selous, kamp-kamp terletak dengan baik sehingga memberikan para tamu akses langsung ke sudut-sudut paling tidak terjamah di negara ini. Dan yang terbaik? Setiap kunjungan mendukung komunitas lokal melalui karya yayasan mereka, melindungi masa depan Tanzania dan margasatwanya untuk generasi yang akan datang. Kami menyusul Lucy Cole dari Nomad Trust, yang memberi tahu kami lebih banyak. Konservasi dan komunitas adalah jantung dari Nomad Trust, dapatkah Anda memberi tahu kami lebih banyak tentang pekerjaan amal? Bagi kami, pekerjaan konservasi dan masyarakat berjalan seiring untuk memungkinkan perubahan berkelanjutan. Kami menjadikan karyawan kami sebagai bisnis kami, dimulai dari komunitas lokal. Melalui semua operasi kami, kami selalu mencari dan mendukung secara lokal - toko kamp kami adalah salah satu contoh terbaik dari ini. Banyak

Luar da dalam dimaksud adalah lahiriah dan batiniah

Apalagi caranya kalau bukan mencuri. Telepon genggam atau uang milik Papa, perhiasan Mama bahkan terapi komunitas mainan adik-adik yang harganya mahal pun saya 'sikat' demi sebungkus bubuk putih. Jarum di Kepala Bosan melihat saya tidak jua sembuh, Papa mengajak saya berobat ke shinshe Arnold, akupunkturis yang praktik di Jalan Lautze, Pasar Baru Jakarta Pusat. Mulanya saya takut melihat jarum-jarum steril yang panjangnya 22 cm yang diperlihatkannya. "Kepalamu akan saya rangsang dengan 52 jarum sekaligus, sebab kamu pemakai (putaw,red.) berat." Lalu saya dibaringkan dengan kepala penuh jarum selama 45 menit. Shinshe mengeluarkan beberapa cc darah kotor dari punggung saya dengan menggunakan alat kecil semacam jarum. Setelah itu, saya diberi kapsul-kapsul berisi ramuan herba dari Cina untuk menguatkan organ-organ tubuh. Pada kedatangan kedua kali, tangan dan kaki saya ditancapi jarum selama 45 menit. Akupunktur tidak lebih dari detoksifikasi, yang diobat

Aqiqah Bandung Selatan : Cara Memasak Asparagus

Cara Memasak Asparagus Asparagus hijau segar adalah sayuran yang sangat disukai, renyah dan manis. Saat tersedia di pasar atau toko, gunakan dengan berlimpah. Asparagus sangat serbaguna: dapat dikukus, direbus, dipanggang, dihancurkan, dipanggang, ditumis atau digoreng. Diiris tipis, itu bahkan mentah mentah dalam salad. Tombak yang sudah dimasak dapat menggunakan berbagai macam samaran, mulai dari bumbu garam dan lada sederhana dengan mentega atau minyak zaitun, hingga saus yang lebih kompleks seperti blur beurre. Tetapi ia juga tahan terhadap perlakuan pedas yang berani - ikan teri, bawang putih, zaitun dan cabai semuanya sangat kompatibel dengan asparagus. Sebelum kamu memulai     Asparagus adalah yang terbaik dan segar di musim semi dari sumber lokal. Umumnya, musim Pantai Barat berlangsung dari Februari hingga Mei; Asparagus Pantai Timur muncul pada bulan Mei dan Juni. Asparagus dari Peru tersedia sepanjang tahun, tentu saja, tetapi tidak sebagus itu.     Di pasar, cari tombak yan